Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD Bangil Meningkat 90,57 Persen Dalam Triwulan III Tahun 2024
Kabarjatim.id | Pasuruan –Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil mengemukakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan kesehatan pada periode tri bulan ketiga tahun 2024 mencapai 90,57 persen.
IKM adalah hasil pengukuran dari kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang berupa angka. Indeks Kepuasan Masyarakat digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja pemerintah, lembaga publik, atau sektor swasta dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
Dengan memperoleh informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat, pemerintah dan organisasi dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.
Melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tersebut, diperoleh hasil capaian IKM yang dapat menunjukkan seberapa besar kepercayaan masyarakat pada RSUD Bangil sebagai pilihan dalam melakukan pengobatan kepada pasien.
Dr. Arma Rosalina selaku Direktur RSUD Bangil mengatakan bahwa kepuasan masyarakat pada RSUD Bangil meningkat pada tahun ini mencapai 90,57 persen.
“Hasil dari survey kepuasan pelanggan yang selama ini di lakukan pelayanan kesehatan yang di berikan RSUD Bangil telah berjalan dengan sangat baik. Bahkan di tiap tahun tren peningkatan kepuasan terus naik dari tahun ke tahun,” Kata Dr. Arma Rosalina .
Ia melanjutkan, Indikator penilaian dalam hasil survey yang dilakukan oleh RSUD Bangil mencakup beberapa macam pelayanan kesehatan diantaranya. Persyaratan, Sistem (prosedur), Kemudahan, Kecepatan, Kesesuaian Produk, Kesesuaian Biaya, Kemampuan Petugas, Sikap Petugas, Sarana Prasarana, Saran Pengaduan, dan masukan yang diterima para pelanggan di RSUD Bangil Pasuruan.
“Survey kepuasan ini dilakukan untuk menentukan tolak ukur penyelenggaraan pelayanan kesehatan, berdasarkan persepsi para pelanggan dan masyarakat luas. Dalam survei kepuasan ini dilakukan menggunakan metode dan prosedur yang ketat,” imbuhnya. (**/Red)