Pengesahan RAPBD 2023 Diketok Lebih Awal. Anggaran Daerah Tahun Depan Naik

Pasuruan | Kabarjatim.id – Pembahasan terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023 Kabupaten Pasuruan akhirnya disahkan melalui rapat paripurna yang digelar pada Selasa (29/11/2022).

Rapat paripurna yang berlangsung di gedung dewan itu dihadiri Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf bersama para pimpinan OPD dan Ketua beserta para wakil ketua DPRD bersama para anggota DPRD tersebut menyepakati draft RAPBD sebagai peraturan daerah (Perda).

Sudiono Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan menyampaikan bahwa Dewan berkomitmen untuk bisa mempercepat pembahasan RAPBD 2023.

“Dan Alhamdulillah, APBD 2023 bisa disahkan lebih awal,” terang Ketua Dewan.

Dalam paripurna tersebut disampaikan, pada APBD 2023 diproyeksikan mengalami kenaikan. Khususnya dari sisi belanja. Yang mencapai Rp 3,9 triliun.

Sedangkan, pada sisi pendapatan tidak terjadi perbedaan yang signifikan, dimana pada tahun depan, proyeksi pendapatan daerah mencapai Rp 3,5 triliun. Kondisi ini, memicu defisit anggaran yang mencapai Rp 379 miliar.

Defisit yang angkanya mencapai 379 miliar ini nantinya akan ditutupi dengan pembiayaan netto.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengakui, ada proyeksi kenaikan APBD pada 2023 mendatang. Hal itu dipengaruhi banyaknya sokongan dana pusat yang akhirnya mempengaruhi belanja daerah.

Belanja itupun melesat. Hingga akhirnya mempengaruhi APBD 2023. “Ada proyeksi APBD 2023 mengalami kenaikan,” tandasnya.(hil/tim)

Mungkin Anda Menyukai