Peduli Kesehatan Balita, Babinsa Dampingi Gerakan Bulan Peduli Posyandu Terhadap Anak Usia 0 – 60 Bulan

Pasuruan | Kabarjatim.id – Dalam rangka meningkatkan perhatian terhadap kesehatan balita, Babinsa Koramil 0819/19 Prigen Koptu Winarko melaksanakan kegiatan Pendampingan Gerakan Bulan Peduli Posyandu terhadap anak Usia Balita 0 sampai 60 Bulan, yang di ikuti oleh 17 anak Balita warga Ds. Ketanireng Kec. Prigen Kab. Pasuruan, Rabu (21/06/23).

Kegiatan pendampingan Posyandu ini bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memastikan kesehatan optimal bagi anak-anak usia dini.
Posyandu, atau Pos Pelayanan Terpadu, telah menjadi salah satu program terpenting dalam upaya pemantauan dan pemenuhan kebutuhan kesehatan balita di Indonesia.

Pada bulan ini, Gerakan Bulan Peduli Posyandu ditingkatkan untuk mengedepankan kesadaran dan perhatian lebih terhadap anak-anak usia 0-60 bulan. Babinsa yang bertugas di wilayah Prigen, berperan penting dalam mendampingi dan mensosialisasikan Gerakan Bulan Peduli Posyandu kepada masyarakat.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Babinsa bekerja sama dengan pemerintah setempat, petugas kesehatan, dan relawan untuk menyediakan akses yang mudah bagi masyarakat dalam mengikuti kegiatan Posyandu. Babinsa Koptu Winarko juga membantu mengumpulkan data dan informasi terkait kesehatan balita yang nantinya akan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan pelayanan kesehatan anak.

Selain itu, Babinsa juga terlibat aktif dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pola makan sehat, imunisasi, perawatan kesehatan dasar, serta pentingnya menghindari penyakit yang dapat mengancam kesehatan anak-anak.

Upaya ini dilakukan melalui penyuluhan, diskusi kelompok, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat. Babinsa Koramil 19/Prigen Koptu Winarko menyatakan.

“Keterlibatan Babinsa dalam Gerakan Bulan Peduli Posyandu merupakan upaya untuk mendukung program kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak usia dini. Dengan sinergi antara TNI, pemerintah, petugas kesehatan, dan masyarakat, kami berharap dapat menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di masa depan,”ungkapnya.

Melalui keterlibatan aktif Babinsa dalam Gerakan Bulan Peduli Posyandu, diharapkan partisipasi masyarakat dalam upaya pemantauan dan pemenuhan kesehatan balita semakin meningkat. Dengan demikian, anak-anak usia dini dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal serta terhindar dari berbagai risiko kesehatan yang dapat mempengaruhi masa depan anak.(hms/hil)

Mungkin Anda Menyukai