Secepatnya DPRD Akan Usulkan Pj Bupati Pasuruan Berdasarkan Rekomendasi Fraksi

Pasuruan | Kabarjatim.id – Melalui surat resmi dari Kemendagri kepada Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan agar sesegera mungkin mengusulkan 3 nama yang sesuai dengan ketentuan. Nama-nama tersebut disampaikan paling lambat 9 Agustus 2023 kepada Kemendagri.

Adapun ketentuan menjadi Pj Bupati adalah seorang ASN JPT Pratama atau eselon II menurut keterangan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan saat ditemui awak media di ruangannya, Selasa (25/7/2023) sore. Mas Dion sapaan akrab Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan mengaku baru saja berkonsultasi dengan Biro Pemerintahan Pemprov Jatim pasca menerima Surat dari Kemendagri agar Pimpinan DPRD segera mengusulkan 3 nama sebagai calon Pj Bupati.

“Hasil konsultasi pimpinan DPRD ke Biro pemerintahan Provinsi sudah clear. Yang bisa diusulkan kalau dari daerah adalah Eselon II atau tidak hanya Sekda, tapi sampai Asisten hingga Kepala OPD, Sekwan, Staf Ahli,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga menerangkan cara pengusulannya agar melalui fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Pasuruan.

Apabila ternyata lebih dari 3 calon, maka para Pimpinan DPRD akan menyederhanakannya sampai menjadi 3 nama yang akan diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur Jatim.

“Di internal sudah rapat dan sepakat dengan ketua fraksi untuk masing-mengusulkan satu nama kepada pimpinan DPRD untuk diproses dan diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur. Kalau misalkan 7 fraksi semua nama beda, ya pimpinan DPRD yang akan memutuskan tiga namanya siapa,” tegasnya.

Lantas, bagaimana harapan DPRD untuk Pj Bupati mendatang? Dion berharap adalah sosok yang dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik, serta memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengolah birokrasi.

“Yang punya rekam jejak bagus. Melayani masyarakat dengan cepat, baik dan ramah. Tugasnya birokrasi bukan politis. Jadi bagaimana bisa menjalankan roda pemerintahan. Punya kecakapan dan kemampuan mengolah birokrasi pemerintah, itu yang pas,” harapnya. (hil/tim/red)

Mungkin Anda Menyukai