Dandim 0819/Pasuruan Serahkan Bantuan Pompa Air dari Kementan RI Untuk Petani 

PASURUAN | Kabarjatim.id – Komandan Kodim 0819/Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak, S.T., menyerahkan bantuan empat mesin pompa air dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) kepada empat kelompok tani di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Acara ini berlangsung di Makodim 0819 Pasuruan, Jl. Veteran No. 05 Kelurahan Kandang Sapi Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. Jum’at (17/05/24).

Acara penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari program Brigade Ketahanan Pangan Kementan RI yang bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di wilayah Kodim 0819/Pasuruan. Kelompok tani yang menerima bantuan tersebut adalah Karya Tani Lampean yang diwakili oleh Abdul Wahab, Sumur Legi yang diwakili oleh Muhammad, Tani Bahagia yang diwakili oleh Sanip, dan Semangat yang diwakili oleh Buchori.

Letkol Arh Noor Iskak, S.T. menyampaikan harapannya agar bantuan mesin pompa air ini dapat membantu para petani dalam mengelola lahan pertanian mereka, khususnya sawah. “Dengan adanya bantuan pompa air ini, diharapkan kelompok tani dapat menggarap lahan mereka dengan lebih optimal sehingga dapat meningkatkan produksi pangan dan mendukung ketahanan pangan di wilayah kita,” ujar Dandim.

Bapak Abdul Wahab yang mewakili kelompok tani juga turut menyampaikan, “kami segenap anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan pompa air yang diberikan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan diserahkan secara langsung oleh Bapak Komandan Kodim 0819/Pasuruan. Bantuan ini sangat berarti bagi kami para petani, dalam upaya meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah kami. Pompa air ini akan membantu mengatasi permasalahan irigasi yang selama ini menjadi kendala utama dalam proses bercocok tanam. Dengan adanya bantuan ini, kami optimis produktivitas pertanian akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayah ini”

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Komandan Kodim 0819/Pasuruan atas perhatian dan dukungannya terhadap sektor pertanian. Semoga sinergi antara TNI dan masyarakat petani ini terus terjalin erat dan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan pertanian di daerah kami,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Mayor Inf Teguh Hery W, S.T. (Kasdim 0819/Pasuruan), 2 anggota PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), Ibu lilis (Ketua PPL Kec Lekok), Ibu Umi Masykuroh,

Bapak Fitra Sanjaya (Kasi Pam Kec. Lekok), Kapten Czi Selamet Djoko W (Pabung Kodim 0819 Pasuruan), Lettu Cpl Hartono (Danramil 0819/07 Lekok Pasuruan), Lettu Arh Ahmad Nurhidayat (Pasi Ter Kodim 0819/Pasuruan), dan anggota Kodim 0819/Pasuruan. Serta Keempat perwakilan kelompok tani yang tampak antusias dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan.

Bantuan ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata dari pemerintah melalui Kementan RI dan TNI untuk para petani. Diharapkan dengan adanya mesin pompa air ini, produktivitas pertanian di wilayah Kecamatan Lekok dapat meningkat dan kesejahteraan para petani semakin terjamin.(Hil/hms)

Mungkin Anda Menyukai