Ngopi Santai Bentuk Dukungan Aktivis Dan Masyarakat Untuk Kecamatan Rembang Pasuruan Agar Lebih Maju

PASURUAN | Kabarjatim.id – Sejumlah aktivis dan jurnalis serta masyarakat yang mewakili beberapa Desa di Kecamatan Rembang,berkumpul,ngopi santai dan diskusi di rumah ketua Sahabat Pemuda Rembang (SPR). Tepatnya di Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Tampak hadir, Camat Rembang Andara Firdaus, Kapolsek Rembang AKP. Mulyono, Direktur Pus@ka Lujeng Sudarto, Ketua LSM Gajah Mada Misbah, Ketua Karang Taruna Dandi, Ketua LSM Cakra Imam dan beberapa rekan jurnalis dari berbagai media.

Disela acara ngopi santai, ada pembahasan terkait dukungan untuk meningkatkan pembangunan, salah satunya Kantor Kecamatan Rembang untuk segera direnovasi, rencana tersebut diambil karena faktor bangunan sudah tua dan tak lagi representatif untuk pelayanan

“Bangunan kantor Kecamatan Rembang sudah tidak layak. Waktunya untuk direnovasi,” ujar Lujeng Sudarto. Senin (24/06/2024)

Menurutnya, usulan untuk merelokasi kantor Kecamatan ini bukan tanpa alasan. Ada sederet pertimbangan Bukan hanya semata-mata kondisi ruang layanan yang tak representatif. Namun juga karena bangunan kantor yang sudah tua. Tentunya ini sangat membahayakan masyarakat dan pegawai Kantor Kecamatan itu sendiri.

“Selain ruang pelayanan yang tak lagi representatif, bangunannya juga sudah tua dan perlu di renovasi sesegera mungkin,” bebernya.

Lebih lanjut Lujeng Sudarto mengatakan, saya beberapa hari yang lalu sudah pernah bertemu dan membicarakan hal ini ke PJ. Bupati Pasuruan, untuk segera merelokasi kantor Kecamatan Rembang, karena bangunannya sudah tuan dan tak lagi representatif.

“Hal ini sudah pernah saya bicarakan dan mengusulkan ke PJ. Bupati agar APBD Kabupaten Pasuruan, sebagian dianggarkan untuk merelokasi Kantor Kecamatan Rembang dan beliaunya berjanji akan menganggarkan sebagian APBD. Namun tidak tahun ini karena adanya pemangkasan anggaran untuk Pilkada serentak, namun saya tetap optimis renovasi kantor Kecamatan Rembang akan terealisasi jika semua masyarakat menyampaikan dukungannya termasuk para Kepala Desa se Kecamatan Rembang,” tukas Direktur Pus@ka Lujeng Sudarto.

Hal yang tak jauh berbeda apa yang dikatakan Camat Rembang, “Andara Firdaus” terkait merelokasi kantor Kecamatan saya juga sudah mengusulkan ke PJ. Bupati, namun kalau untuk tahun depan tidak bisa, karena ada pemangkasan anggaran untuk Pilkada serentak.

“Hal ini sudah pernah saya bicarakan ke PJ. Bupati Pasuruan, namun adanya pemangkasan anggaran mungkin untuk tahun depan tidak bisa dilakukan,” terangnya.

Sementara itu, di ruangan yang sama Kapolsek Rembang AKP. Mulyono mengatakan, jika masyarakat berkeinginan untuk memajukan daerah Rembang yang salah satunya dalam hal pembangunan, saya sangat mendukung karena baru-baru ini saya juga mengajukan ke Kapolres Pasuruan untuk merenovasi Kantor Polsek Rembang karena saya lihat bangunannya sudah tua dan rapuh.

“Alhamdulillah setelah saya ajukan, karena saya baru tugas di sini, Kantor Polsek Rembang di renovasi dan di tinggikan satu meter bangunannya,” ucapnya.(Hil)

Mungkin Anda Menyukai